Taman Margasatwa Ragunan Dibuka Lagi, Pengunjung Harus Daftar Online

Taman Margasatwa Ragunan Dibuka Lagi, Pengunjung Harus Daftar Online Gajah yang ada di Taman Margasatwa Ragunan. Foto: Instagram @ragunanzoo.

Jakarta - Buat kamu yang udah rindu pergi ke kebun binatang di Jakarta, kini gak usah khawatir, ya. Soalnya, Taman Margasatwa Ragunan udah mulai buka kembali sejak 13 Maret kemarin, mulai pukul 07.00 sampai 14.30 WIB. 


Tapi, ada sejumlah aturan yang berubah dibandingkan kebijakan sebelumnya, yang diatur oleh pihak Taman Margasatwa Ragunan. Salah satunya, pendaftaran masuk harus lewat online melalui tautan bit.ly/PesantiketTMR.


Dikutip dari Tempo, Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana, bilang kalau jumlah pengunjung akan dibatasi maksimal 5.000 orang atau 50 persen dari kapasitas. 


Gak cuma itu, warga dari luar DKI Jakarta yang ingin berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan juga udah diperbolehkan.


"Sebelumnya kan Ragunan pernah buka tutup, buka tutup. Sekarang protokol kesehatannya agak longgar. Kalau sebelumnya hanya boleh warga DKI Jakarta yang datang, sekarang warga KTP non-DKI Jakarta boleh ke Ragunan,” ujar Widarsana.


Namun, aturan mengenai pengunjung yang berusia di atas 60 tahun, bayi dan anak-anak usia 0 sampai 9 tahun, serta ibu hamil dilarang masuk, masih kembali diberlakukan. 


Selama masa pandemi Covid-19, Taman Margasatwa Ragunan udah tiga kali buka tutup layanan dengan pembatasan jumlah pengunjung. Sebelumnya, jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan maksimal 2.000 orang per hari.  


Pengunjung harus menjalani protokol kesehatan, antara lain pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk, memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga jarak, serta tidak berkerumun.


Berdasarkan data kunjungan 2019, jumlah wisatawan yang masuk ke Taman Margasatwa Ragunan mencapai 5.000 sampai 8.000 orang setiap hari kerja. Sementara pada akhir pekan,  jumlahnya mencapai 15 ribu sampai 50 ribu orang.


"Sebelum pandemi Covid-19, rata-rata jumlah pengunjung per tahun sekitar 5,5 juta orang," imbuh Widarsana. (rfq)

liburan tamasya kebun binatang taman margasatwa ragunan