Tips dan Trik Menghilangkan Burnout saat WFH

Tips dan Trik Menghilangkan Burnout saat WFH Ilustrasi Burnout. Sumber: Istimewa

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) saat pandemi Covid-19 tentu aja jadi hal baru dan perlu adaptasi, tidak semua orang senang atau fokus bekerja dari rumah. Beberapa orang bahkan ada yang kesulitan dan mengalami stres.

Bahkan saking menumpuknya pekerjaan kantor sekaligus pekerjaan rumah di saat yang bersamaan bisa memicu burnout atau gangguan kesehatan mental, lho.

Jangan khawatir, kali ini numbuh bakal kasih tips dan trik agar tidak burnout saat work from home, nih.

1. Tidur yang Cukup

Tidur bukan cuma baik untuk kesehatan fisik, tapi juga bisa memulihkan mental kamu. Tidur yang cukup dan teratur agar kamu kembali fokus dalam bekerja.

2. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Lakukan aktivitas yang kamu sukai selama masa work from home, hal tersebut bisa membuat pikiran dan batin kamu segar kembali. Kamu bisa nonton film atau serial favorit selagi santai atau bahkan berolahraga, berkebun yang bisa membuat rasa burnout itu hilang.

3. Berbagi Tugas

Coba untuk berbagi tugas kepada teman kantor apabila kamu sudah merasa cape dan burnout atas kerjaan kamu. Pekerjaan yang numpuk dan tuntutan waktu biasanya yang membuat seseorang cepat burnout.

4. Kelola Waktu Kerja dengan Baik

Mulailah bekerja dengan pengolaan waktu yang tepat. Pastikan juga kamu bekerja sesuai dengan waktu yang ditentukan, jangan kelebihan atau kekurangan. Hal tersebut untuk menjaga kesehatan mental kamu.

5. Berlibur

Walaupun saat pandemi ini susah untuk berlibur, tetapi berlibur menjadi obat ampuh disaat kita sedang burnout. Coba luangkan waktu untuk staycation, jernihkan pikiran dan menjauh dari hiruk pikuk pekerjaan.

Semoga tips dan trik dari numbuh bisa membantu bunrout kamu hilang, ya!

kesehatan