Tumpukan Sampah Penuhi Muara Sungai di Dreamland Bali

Tumpukan Sampah Penuhi Muara Sungai di Dreamland Bali

Pantai Dreamland, Bali selama ini dikenal dengan keindahannya. Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara, berlibur ke sana.

Nah, baru-baru ini beredar video dan foto pemandangan yang gak biasa di Muara Sungai Dreamland. Tumpukan sampah plastik hingga potongan kayu banyak bertebaran di sungai, lho.

Kepala Dinas LHK Kabupaten Badung I Wayan Puja bilang, sampah yang numpuk di muara sungai kawasan Pantai Dreamland, adalah sampah kiriman dari laut.

Saat kondisi air pasang, sampah masuk hingga ke muara yang lebih rendah dari permukaan pantai. Ketika udah berada di muara, sampah gak bisa terbawa kembali ke laut ketika air surut, jadinya menumpuk.

"Kondisi muara itu tidak ada aliran air. Hanya air kecil saja, nah sampah yang terbawa oleh arus itu langsung masuk dan tertahan," ucap Puja seperti dilansir dari nusabali.com.

Ketika dapat laporan dari warga, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung, bersama masyarakat dan LSM pun langsung bersihin sampah di muara sungai tersebut.

Total ada 5 ton sampah berhasil dikumpulkan dari muara sungai tersebut, saat bersih-bersih yang dilakukan pada Senin (8/2) pagi. Kata Puja, sampah itu sebagian besar adalah ranting kayu, dan juga batang kayu ukuran sedang. Selain itu, ada pula sampah plastik.

"Sampah yang berhasil dikumpulkan langsung diangkut ke titik penampungan sampah di lahan sekitar lokasi," tutur mantan Kabag Perwat Setda Badung itu.

"Untuk sampah plastik ditangani oleh LSM, sementara kayu gelondongan yang ada kami kumpulkan dulu di lahan yang ada di sekitar lokasi. Untuk kayu dipotong kecil agar mudah diangkut atau dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar," lanjutnya.

Puja mengaku, meski kondisi sekarang udah sedikit membaik dan terbebas dari sampah. Namun, gak menutup kemungkinan nih, sampah-sampah itu akan terus berdatangan. Apalagi, saat ini masih terjadi fenomena angin barat yang terus membawa sampah ke bibir pantai. (rfq)

sungai bali dreamland sampah plastik food waste