Viral, Penipuan Atas Nama Petugas Badan Karantina Pertanian

Viral, Penipuan Atas Nama Petugas Badan Karantina Pertanian Sumber Foto: Badan Karantina Pertanian

Jakarta - Baru-baru ini, lagi trending sebuah penipuan yang mengaku petugas dari Badan Karantina Pertanian (Barantan).

Dalam modusnya, si penipu ngaku kalau dia petugas Barantan yang menjamin si korban, kalau hewan yang dia pengen akan segera dikasih kalau korban transfer uang administrasi ke si penipu sebesar Rp 2,8 juta.

Nah, biar si korban semakin percaya, sang penipu ngejamin dengan nama seorang pejabat di karantina pertanian.

Badan Karantina Pertanian lewat akun Twitternya Selasa, (16/2), ngasih informasi berupa ciri-ciri penipuan dan tips buat ngehindarin penipuan nih. Di Twitternya juga, Barantan unggah beberapa contoh kasus korban yang sudah pernah tertipu. Di situ, Barantan juga ngasih tau apa-apa aja yang harus masyarakat perhatikan sejak awal.

Yang pertama, Badan Karantina Pertanian secara tegas kalau pihaknya gak pernah ngehubungin pengguna jasa secara langsung pakai nomor pribadi.

"Petugas karantina tidak bekerjasama dengan jasa pengiriman atau toko online/jual beli hewan dan tumbuhan dalam hal pengurusan karantina," demikian informasi berikutnya, yang tertulis pada gambar yang diunggah Badan Karantina Pertanian di Twitter.

Selanjutnya, Barantan juga ngasih informasi kalau pihaknya cuma pakai nomor rekening negara, bukan pribadi atau dompet digital untuk segala transaksi. Barantan juga tidak pernah memungut biaya administrasi buat membantu mengurusi dokumen karantina.

Di peraturan pemerintah saja udah ada ketentuan untuk biaya jaminan dan sebagainya untuk keperluan karantina, seperti di PP 35 th 2016 tentang PNBP.

Maka dari itu, semua masyarakat harap hati-hati sama segala modus penipuan, jangan langsung percaya sama iming-iming atau jaminan apapun, ya.

Kalau misalnya kita ragu dan sulit membedakan mana penipuan dan asli, kita juga bisa minta bantuan pengecekan informasi.

Pengecekan kebenaran informasi bisa dilakukan dengan datang ke kantor layanan karantina pertanian, atau menghubungi via website dan WhatsApp tertera. (jod)

kementan viral trending penipuan badan karantina pertanian