Waduh! Uang Anak Akidi Tio di Bilyet Giro Bank Mandiri Tak Sampai Rp2 Triliun?

Waduh! Uang Anak Akidi Tio di Bilyet Giro Bank Mandiri Tak Sampai Rp2 Triliun? Foto: kumparan

Jakarta - Niat ingin memberikan sumbangan senilai Rp2 Triliun dari keluarga Akidi Tio untuk tangani Covid-19, berbuntut panjang. Soalnya, sumbangan senilai Rp2 triliun itu, dianggap fiktif alias tidak ada uangnnya.

Giro Bilyet senilai Rp 2 triliun pun sempat beredar di media sosial. Namun, dari hasil pemeriksaan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), ternyata Giro Bilyet itu kosong. 

Selain itu, PPATK juga ternyata menelusuri profil keluarga Akidi Tio. Hasilnya, uang keluarga Akidi Tio tidak mencapai Rp2 triliun.

"Jauh dari itu kalau hasil penelusuran PPATK, terhadap rekening-rekening yang ada," ucap  Kepala PPATK Dian Ediana Rae, dikutip kumparan, Rabu (4/8).

Akan tetapi, Dian gak merinci angka pastinya. Menurutnya, semua temuan PPATK itu dalam waktu dekat akan disampaikan ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Sumsel, Irjen Eko Indra Heri.

Dian juga menjelaskan, Bilyet Giro merupakan bentuk instrumen pengalihan dana yang dapat dipakai untuk mencairkan uang bantuan tersebut.

Transaksi keuangan bernilai Rp2 triliun bisa dilakukan dengan cepat, jika memang uang tersebut ada. Akan tetapi, sejauh ini belum ada kepastian. 

"Yang penting apakah betul-betul di-backup oleh uang sejumlah yang memang ditulis di situ sebanyak Rp2 triliun," katanya.

Sebelumnya, rencana sumbangan Rp2 triliun itu disampaikan lewat anak Akidi Tio, Heryanty Tio, itu secara simbolis diberikan kepada Kapolda Sumsel. Namun, sumbangan tersebut hingga saat ini belum terealisasi.

Heryanty sempat diamankan oleh polisi. Direktur Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Ratno Kuncoro, bahkan mengatakan anak Akidi Tio itu sudah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus donasi palsu Rp2 triliun.

Namun belakangan, Kabid Humas Polda Sumsel membantah status hukum tersebut. Hingga saat ini, ada sejumlah hal yang masih belum jelas, yakni status hukum penyumbang dan juga nasib sumbangan tersebut. (rfq)

news akidi tio sumbangan rp 2 triliun