Yah! Google Meet Kini Batasi Video Call Gratis Hanya 60 Menit

Yah! Google Meet Kini Batasi Video Call Gratis Hanya 60 Menit Ilustrasi penggunaan Google Meet.

Jakarta - Buat kamu yang sering menggunakan layanan Google Meet untuk rapat atau sekadar komunikasi dengan rekan, harap bersabar. Sebab, Google Meet udah gak bisa lagi melakukan video call gratis secara bebas. Sebelumnya, mereka bebas menggunakan hingga 24 jam dengan maksimum 100 peserta.

Google Meet sekarang memberlakukan batas 60 menit pada panggilan video grup, untuk pengguna yang memakai akun Gmail gratis. Peserta bisa membuat panggilan baru, dan membagikan kembali link ke peserta lainnya

Batasan waktu ini, hanya berlaku untuk panggilan video dengan jumlah peserta lebih dari dua. Nah, kalo kamu hanya melakukan video call dengan dua peserta aja, masih bisa lebih dari 60 menit, lho.

Dari panduan penggunaan Google Meet yang udah diperbarui, pada menit ke-55, semua peserta video call akan mendapat pemberitahuan bahwa panggilan akan berakhir. Untuk memperpanjang panggilan, host diminta untuk meningkatkan akun Google mereka dengan membayar langganan.

Nah, kalo kamu berlangganan paket Google Workspace sekitar Rp118 ribu perbulan, maka kamu bisa video call pake Google Meet selama 24jam, dengan jumlah peserta maksimal 150 orang.

Google Meet menjadi pilihan alternatif selain Zoom. Sebab, fiturnya sederhana, dan pengaturan lebih mudah. Apalagi, sudah terintegrasi dengan layanan Gmail, dan membuat pengguna bisa lebih gampang mengakses Google Meet.

Selama awal pandemi Covid-19, Google menggratiskan layanan Google Meet tanpa batasan durasi waktu rapat, sehingga sukses menjaring pengguna baru. Hal itu berbeda dengan yang dilakukan pesaingnya, Zoom, yang membatasi pengguna gratis sejak awal maksimal 40 menit untuk durasi rapat. (rfq)

google teknologi news google meet